About Course
INTRODUCTION
Jadi Digital Marketer Professional Dengan Belajar & Praktik Bersama Praktisi Selama 12 Minggu
Digital marketing adalah profesi memegang peran strategis dan bertanggung jawab dalam mendukung pertumbuhan dan daya saing perusahaan di era digital dengan memanfaatkan berbagai instrumen seperti: SEO, Social Media, KoL, Digital Advertising (Google Ads, IG Ads, dsb), CRM, Email Marketing dan lainnya. Tentunya, digital marketing memiliki objektif yaitu mengembangkan perusahaan baik dengan mengenalkan brand kepada target audience (Awareness), meningkatkan interaksi dan ketertarikan audiens (Interest), hingga meningkatkan penjualan barang/jasa perusahaan (Conversion).
Dengan peran sebagai "Ujung Tombak" perusahaan, skill dan talenta digital marketing sangat dibutuhkan agar bisa bersaing dengan para kompetitor yang telah mengoptimasi brand secara digital. Ini menjadikan profesi ataupun skill digital marketing menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.
Digital marketing adalah profesi memegang peran strategis dan bertanggung jawab dalam mendukung pertumbuhan dan daya saing perusahaan di era digital dengan memanfaatkan berbagai instrumen seperti: SEO, Social Media, KoL, Digital Advertising (Google Ads, IG Ads, dsb), CRM, Email Marketing dan lainnya.
Dengan peran sebagai "Ujung Tombak" perusahaan, skill dan talenta digital marketing sangat dibutuhkan agar bisa bersaing dengan para kompetitor yang telah mengoptimasi brand secara digital. Ini menjadikan profesi ataupun skill digital marketing menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.
- Penghasilan rata-rata profesi Digital Marketing di Indonesia sebesar IDR 5-12 juta/bulan (Entry-Level). Pastinya dengan seiring berjalannya waktu, kamu bisa dipromosikan dengan salary yang akan lebih menarik.
- Pekerjaan Yang Dibutuhkan hingga 15 Tahun Kedepan. Per November 2024, ada 3.450 lowongan pekerjaan Digital Marketing (Source: Job Street)
- Prospek Karir Yang Luas. Sebagai Digital Marketer, kesempatan karir bisa dari Karyawan Tetap (Full-Time), Freelancer untuk mendapat extra income secara fleksible, hingga untuk mengembangkan usaha dan bisnis sendiri
- Kesempatan Kerja WFA (Work From Anywhere). Dengan bekerja di bidang digital marketing, memungkinkan kamu mendapat pekerjaan secara remote dengan menghandle pekerjaan dan client dari berbagai daerah dan negara.
POTENSI KARIR
Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil, Sustainable dan Pasti Dibutuhkan Perusahaan
Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil
TENTANG PROGRAM
Dengan Metode Pembelajaran Practice-Based Learning Untuk Memastikan Pemahaman Peserta
Pembelajaran Intensif Selama 3 Bulan
Peserta akan melewati proses pembelajaran Intensif selama 12 Minggu dengan metode Hybrid Learning (Kombinasi Live Class & Video Learning) dengan total 43+ sesi pembelajaran bersama dengan mentor & praktisi berpengalaman.
Practice-Based Learning dengan Praktik & Demo
Proses pembelajaran akan berfokus terhadap latihan, demo tools, hingga praktik terhadap materi yang dijalankan. Latihan dan praktik akan didapatkan dari studycase, assignment dan final project.
Memperdalam Kompetensi & Membentuk Portfolio Kerja
Pendalaman kompetensi & portfolio dari studi kasus, tugas praktik dan final project yang akan dilaksanakan selama bootcamp berlangsung. Portfolio dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.
Fasilitas dan Materi Pembelajaran Terupdate
Tempat Belajar menyediakan materi pembelajaran terupdate dengan berbagai fasilitas belajar seperti tim dedikasi untuk bantuan peserta, LMS belajar hingga fasilitas rekaman & materi kelas.
Bisa Konsultasi Diluar Kelas Bersama Tutor Fasilitator
Peserta bisa konsultasi diluar kelas dengan tutor dan fasilitator yang akan membimbing peserta jika ada pertanyaan seputar program ataupun materi terkait, jadi kamu ga perlu khawatir jika ada pertanyaan.
Final Exam: Handle Digital Marketing UMKM (Real Project)
Peserta akan secara langsung mempraktikan ilmu digital marketing yang dipelajari dengan berkolaborasi bersama dengan UMKM/Bisnis. Final exam akan dilangsungkan selama 4 minggu
Mendapat Certificate & Raport Bootcamp
Setelah selesai menjalani program, peserta akan mendapatkan sertifikat & raport dari proses pembelajaran di bootcamp, termasuk nilai & hasil post-test, assginment, tugas dan final exam.
Ada Komunitas Khusus Alumni Bootcamp Digital Marketing
Bergabung dengan komunitas alumni dari Tempat Belajar untuk networking & sharing dengan alumni yang sudah bekerja diberbagai perusahaan, termasuk akses kesempatan dan opportunity pekerjaan.
TENTANG PROGRAM
Menggunakan Metode Belajar Practice-Based Learning
Dapat Diikuti oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang. Peserta akan dibimbing dari 0 hingga ahli
Pembelajaran intensif Selama 12 minggu langsung dengan mentor praktisi digital marketing
Banyak praktik dan demo selama kelas hingga Final Project Handle Digital Marketing UMKM
Jika ada pertanyaan, bisa konsultasi diluar kelas secara privat bersama tutor fasilitator
Pembentukan portfolio selama pelatihan yang dapat digunakan untuk melamar kerja
Mendapatkan sertifikat & raport bootcamp sebagai tanda kelulusan dari bootcamp
Fasilitas Pembelajaran lengkap dari tim pendamping hingga akses rekaman materi secara lifetime
Ada komunitas khusus alumni untuk networking, sharing dan berbagai info & opportunity
KURIKULUM
Materi Bootcamp Digital Marketing Paling Update dan Terlengkap Sesuai Kebutuhan Perusahaan Saat Ini
- Pengenalan dan Pengertian Digital Marketing
- Peran Digital Marketing Untuk Perusahaan & Bisnis
- Istilah – Istilah (Terms) dalam Digital Marketing
- Aspek – Aspek dalam Digital Marketing: Social Media, SEO, Digital Ads, E-Commerce, Content Marketing, dsb.
- Pengertian & Pengenalan Market Research
- Pentingnya Melakukan Market Research Untuk Kegiatan Pemasaran Digital
- Market Research Category
- Market Research Method
- Market Research Studycase: Digital Marketing Era Saat Ini
- Qualitative & Quantitative Reserach
- Practical Session: Melakukan Simulasi Market Research
- Pengertian & Fundamental dari Content Marketing
- Beda Content Marketing vs Copywriting
- Intergrasi Content Marketing dengan Social Media
- Funnel, Target Audiens & Objective Content Marketing
- Content Pillar Creation
- KPI for Content Marketing
- Practical Session: Content Marketing & Strategy for Brand
- Fundamental of Search Engine Optimization (SEO)
- Peran SEO & Gambaran Funnel dari SEO
- Search Console & Analytics
- Metode & Mapping untuk Research Keyword
- Implementing Keywords into Content
- On-page & Off-page SEO
- White-hat & Black-hat SEO
- Tools SEO: Google Search Console, Google Analytics 4, Ahrefs, others
- Pracitcal Session: Search Engine Optimization (SEO) Practice
- Landing Page Fundamental
- Peranan & Fungsi Landing Page bagi Perusahaan/Bisnis
- Landing Page: WordPress
- Landing Page: Microsite using Linktree & others.
- Integrasi Landing Page dengan Kegiatan Digital Marketing
- Demo Session: Membuat Landing Page
- Fundamental dari E-Commerce Marketing
- Platform E-Commerce yang ada saat ini
- Shop Seller Account & Dashboard
- E-Commerce Optimization
- E-Commerce Advertising di Platform
- Proses Analysis & Evaluasi Performa di Marketplace
- Demo Session: Open Dashboard Seller dari Platform Marketplace Shopee & Tokopedia
- Fundamental Campaign Marketing
- Struktur & Konsep Membuat Strategy Campaign Marketing
- Timeline Campaign Marketing
- KoL Marketing for Brand Campaign
- Implementasi Campaign Marketing
- Practical Session: Membuat Campaign Strategy dan Konsep untuk Brand
- Fundamental & Perkenalan CRM
- Peran dari CRM untuk Pemasaran Digital
- Funnel Marketing untuk CRM Marketing
- Omni Channel & Impementasi untuk CRM
- Push Notification for CRM
- Email Marketing for CRM
- Tools: Webpushr (Push Notification) & Mailchimp (Email Marketing)
- Demo Session: Open Dashboard & Walkthrough Setup Email Marketing (Live-Demo)
- Fundamental of Digital Marketing Analysis
- Peranan Digital Marketing Analysis untuk suatu brand
- Membuat Analisa Digital Marketing
- Studycase Analysis untuk Digital Marketing
- Pengenalan dan Peran Social Media dalam Pemasaran
- Workflow Social Media dalam Pemasaran Digital
- Overview Jobdesck sebagai Social Media Specialist
- Social Media Platform: Instagram, Tiktok, Linkedin, X (Former Twitter), others
- Social Media & Content Optimization per platform
- Practical Session: Membuat Rekomendasi Social Media Marketing untuk Brand (Studycase)
- Fundamental of Copywriting
- Copywriting Formula: 4C, AIDA, PAS, others)
- Copywriting Workflow
- Copywriting Usage: Social Media, Content & Email
- Storytelling using Copywriting
- Practical Session: Membuat Copywriting Content Untuk Suatu Brand (Studycase)
- Perkenalan Social Media Advertising
- Tentang Instagram & Facebook Ads for Business
- Teknik Budgeting for Ads
- Membuat Facebook Page for Business
- Integrasi Facebook Page, Whastapp dan Instagram
- Setup Meta ads: Campaign Objective, Targeting, Ad Placement, Ad Creative, Publishing Ads
- Techincal: Payment Method, Facebook Pixel, Business Portfolio
- Advance Level Targeting: Custom Audience & Lookalike Audience
- Advance Level Technique: Ad Structure & Testing Perfomance
- Advance Level Perfomance: ROAS, Cost per Conversion, others
- Tools: Facebook Profile, Facebook Business Page, Meta Suite, Meta Ads Manager, Meta Ads Library
- Demo Session: Open Dashboard dan Walk-through setup iklan di Meta Ads Manager (Live Demo)
- Perkenalan & Fundamental Tiktok Ads
- Membuat Ad Account melalui Tiktok Ads Manager
- Membuat Tiktok Ad Campaign melalui Tiktok Ads Manager
- Campaign Objective, Targeting Option, Ad Creative
- Fundamental & Setup Tiktok Pixel
- Tiktok Ads Analisis & Reporting
- Advance Level Targeting: Custom Audience & Lookalike Audience
- Demo Session: Open Dashboard & Walkthrough Tiktok Ads Manager
- Google Ads Fundamental
- Element or Component at Google Ads
- Pembuatan Startegy yang Tepat Untuk Google Ads
- Struktur Ad Campaign di Google Ads
- Set Up Campaign & Optimization
- Ad Preview & Diagnostic
- Google Keyword Planner
- Display Ads (GDN)
- Conversion Tracking for Google Ads
- Tools: Google Ads, Google Tag Manager, dan Google Analytics 4
- Demo Session: Open Dashboard & Walkthrough Google Ads Manager (Live-Demo)
- Collaborative Ads Fundamental
- Peranan & Fungsi Collaborative Ads (CPAS) untuk Kegiatan Digital Marketing
- Setup Collaborative Ads di Platform Marketplace
- Setup Ad Campaign untuk Collaborative Ads
- Marketplace Platform untuk Collaborative Ads
- Fundamental Consumer Journey
- Mengintegrasi Digital Marketing dengan Consumer Journey
- Consumer Persona: Painpoint & Solution
- Marketing Funnel in-depth and implementation
- Advance Level: Consumer Journey using Marketing Funnel Framework
- Practical Session: Mengintegrasikan Marketing Funnel dan Consumer Journey untuk suatu brand
- Fundamental Artificial Intelligence (AI) for Digital Marketing
- Peranan dan Fungsi AI dalam Digital Marketing
- Panduan Prompt AI & Pengunaannya
- Prompt AI Template untuk: SEO, Content Planning, Advertising, Email Marketing, Brainstorming, dsb
- Tools AI: ChatGPT & Gemini
- Practical Session: Menggunakan AI Tools Untuk Kegiatan Digital Marketing Seperti Content Creation, dsb.
- Fundamental of Freelancer
- Karakteristik Sebagai Freelancer
- Cara Mencari Project Freelance: Platform, Social Media & Referral
- Portfolio Creation
- Struktur Portfolio Yang Tepat
- Freelance Document: MoU, SoW, others
- Proses Negosiasi Bersama Client
- Tips & Tricks Freelance
- Sharing Pengalaman Mentor Tentang Freelance
- Contoh Portfolio dari Alumni Yang Telah Berhasil Mendapatkan Pekerjaan/Project
Total Durasi: 1 Bulan (Professional Bootcamp)
- Final Exam Handling Digital Marketing UMKM (4 Minggu), peserta langsung mengelola dan menghandle digital marketing UMKM baik organik ataupun paid channel. Akan ada weekly mentoring bersama mentor untuk bimbingan final exam.