About Course
INTRODUCTION
Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Social Media Specialist Dalam Waktu 12 Minggu
Social Media Specialist adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan mengoptimalkan kehadiran sebuah brand atau perusahaan di platform media sosial. Berfokus pada pembuatan konten yang menarik, interaksi dengan audiens, dan membangun komunitas online yang aktif dan loyal terhadap brand.
Social Media Specialist menjadi penting bagi perusahaan atau bisnis karena mereka berperan sebagai jembatan antara brand dan audiens melalui social media, memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dan meraih calon konsumen untuk produk/jasa yang ditawarkan. Ini menjadikan profesi ataupun skill social media menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.
Social Media Specialist adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan mengoptimalkan kehadiran sebuah brand atau perusahaan di platform media sosial. Berfokus pada pembuatan konten yang menarik, interaksi dengan audiens, dan membangun komunitas online yang aktif dan loyal terhadap brand.
Social Media Specialist menjadi penting bagi perusahaan atau bisnis karena mereka berperan sebagai jembatan antara brand dan audiens melalui social media, memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dan meraih calon konsumen untuk produk/jasa yang ditawarkan. Ini menjadikan profesi ataupun skill social media menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.
- Penghasilan rata-rata profesi Social Media Specialist di Indonesia sebesar IDR 3-8 juta/bulan (Entry-Level). Pastinya dengan seiring berjalannya waktu, kamu bisa dipromosikan dengan salary yang akan lebih menarik.
- Dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki social media. Per November 2024, ada 3.981 lowongan pekerjaan Social Media (Source: Job Street)
- Prospek Karir Yang Luas. Sebagai Social Media Specialist, kesempatan karir bisa dari Karyawan Tetap (Full-Time), Freelancer untuk mendapat extra income secara fleksible, hingga untuk mengembangkan bisnis sendiri
- Kesempatan Kerja WFA (Work From Anywhere). Dengan bekerja di bidang social media, memungkinkan kamu mendapat pekerjaan secara remote dengan menghandle pekerjaan dan client dari berbagai daerah dan negara.
POTENSI KARIR
Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil, Sustainable dan Pasti Dibutuhkan Perusahaan
Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil
TENTANG PROGRAM
Dengan Metode Pembelajaran Practice-Based Learning Untuk Memastikan Pemahaman Peserta
Pembelajaran Intensif Selama 3 Bulan
Peserta akan melewati proses pembelajaran Intensif selama 12 Minggu dengan metode Hybrid Learning (Kombinasi Live Class & Video Learning) dengan total 40+ sesi pembelajaran bersama dengan mentor & praktisi berpengalaman.
Practice-Based Learning dengan Praktik & Demo
Proses pembelajaran akan berfokus terhadap latihan, demo tools, hingga praktik terhadap materi yang dijalankan. Latihan dan praktik akan didapatkan dari studycase, assignment dan final project.
Memperdalam Kompetensi & Membentuk Portfolio Kerja
Pendalaman kompetensi & portfolio dari studi kasus, tugas praktik dan final project yang akan dilaksanakan selama bootcamp berlangsung. Portfolio dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.
Fasilitas dan Materi Pembelajaran Terupdate
Tempat Belajar menyediakan materi pembelajaran terupdate dengan berbagai fasilitas belajar seperti tim dedikasi untuk bantuan peserta, LMS belajar hingga fasilitas rekaman & materi kelas.
Bisa Konsultasi Diluar Kelas Bersama Tutor Fasilitator
Peserta bisa konsultasi diluar kelas dengan tutor dan fasilitator yang akan membimbing peserta jika ada pertanyaan seputar program ataupun materi terkait, jadi kamu ga perlu khawatir jika ada pertanyaan.
Final Exam: Handle Social Media UMKM (Real Project)
Peserta akan secara langsung mempraktikan social media dengan langsung menghandle social media dan content UMKM/Bisnis selama 4 minggu (1 bulan)
Mendapat Certificate & Raport Bootcamp
Setelah selesai menjalani program, peserta akan mendapatkan sertifikat & raport dari proses pembelajaran di bootcamp, termasuk nilai & hasil post-test, assginment, tugas dan final exam.Â
Ada Komunitas Khusus Alumni Bootcamp Social Media Sp.
Bergabung dengan komunitas alumni dari Tempat Belajar untuk networking & sharing dengan alumni yang sudah bekerja diberbagai perusahaan, termasuk akses kesempatan dan opportunity pekerjaan.
TENTANG PROGRAM
Menggunakan Metode Belajar Practice-Based Learning
Dapat Diikuti oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang. Peserta akan dibimbing dari 0 hingga ahli
Pembelajaran intensif Selama 12 minggu langsung dengan mentor praktisi social media
Banyak praktik dan demo selama kelas hingga Final Project Handle Social Media Bisnis UMKM
Jika ada pertanyaan, bisa konsultasi diluar kelas secara privat bersama tutor fasilitator
Pembentukan portfolio selama pelatihan yang dapat digunakan untuk melamar kerja
Mendapatkan sertifikat & raport bootcamp sebagai tanda kelulusan dari bootcamp
Fasilitas Pembelajaran lengkap dari tim pendamping hingga akses rekaman materi secara lifetime
Ada komunitas khusus alumni untuk networking, sharing dan berbagai info & opportunity
KURIKULUM
Materi Bootcamp Social Media Paling Update dan Terlengkap Sesuai Kebutuhan Perusahaan Saat Ini
- Fundamental dan Pengertian dari Social Media
- Peran Social Media Untuk Bisnis/Perusahaan
- Istilah-istilah (Terms) dalam social media yang sering digunakan beserta pengertiannya
- Perkenalan Social Media Management
- Gambaran Jobdesc Sebagai Social Media Specialist
- Social Media Platform: Instagram, Tiktok, Linkedin, X (Former Twitter), others
- Rekomendasi Social Media Optimization per platform
- Rekomendasi Content Optimization per platform
- Practical Session: Memilih dan Menentukan Social Media Channel & Content yang Tepat Untuk Suatu Brand (Studycase)
- Memahami Objective Dari Penggunaan Social Media: Awareness, Interest, hingga Conversion
- Pengertian dari Masing-Masing Objective
- Pemahaman Target Audiens & Persona
- Gambaran Implementasi Social Media Berdasarkan Objective Brand
- Penentuan Content Pillar, Content Topics, dan Tipe Konten Berdasarkan Objective
- Practical Session: Membuat Action Plan Social Media Berdasarkan Objective Brand
- Fundamental Social Media Strategy
- Peran & Pentingnya Membuat Social Media Strategy Untuk Brand
- Social Media Funnel dalam Strategy
- Step Membuat Social Media Strategy: dari Competitor Research & Analysis hingga Execution Plan
- Practical Session: Membuat Analisa Competitor Untuk Suatu Brand dan Implementasi Strategy
- Fundamental of Video Editing di Social Media
- Install Aplikasi: Capcut
- Pengenalan Fitur Yang Ada Dalam Aplikasi Capcut
- Pengenalan Menu Bar Utama Dalam Aplikasi Capcut
- Pengenalan Tools Editing dalam Aplikasi Capcut
- Demo Session: Mentor Editing Melalui Capcut (Sharescreen)
- Practical Session: Membuat Video-Based Content dari Capcut (Studycase 1: Basic Level)
- Practical Session: Membuat Video-Based Content dari Capcut (Studycase 2: Advanced Level)
- Pengenalan Design for Social Media dengan Canva
- Pengenalan Fitur Yang Ada Dalam Canva
- Pengenalan Menu Bar Dalam Proses Editing Canva
- Pengenalan Tools Pembantu Untuk Kegiatan Editing
- Aspek Desain Dalam Canva Yang Dapat Membuat Dalam Proses Pembuatan Post Social Media
- Advanced Level: Layouting & Design Recommendation dalam Canva
- Demo Session: Membuat Design Canva Secara Langsung Bersama Mentor Dengan Brief Yang Telah Disediakan
- Fundamental of Copywriting
- Copywriting Formula: 4C, AIDA, PAS, others)
- Copywriting Workflow
- Copywriting Usage: Social Media, Content & Email
- Storytelling using Copywriting
- Practical Session: Membuat Copywriting Content Untuk Suatu Brand (Studycase)
- Fundamental Artificial Intelligence (AI) for Social Media
- Peranan dan Fungsi AI dalam Social Media
- Panduan Prompt AI & Pengunaannya untuk Social Media
- Tools AI: ChatGPT & Gemini
- Practical Session: Menggunakan AI Tools Untuk Kegiatan Social Media Seperti Membuat Ide Konten Bulanan, Copywriting, Others.
- Fundamental Proses Pembuatan Konten
- 1st Step: Content Research – Competitor Research, Social Listening, others.
- 2nd Step: Content Ideation – Brainstorming & Mindmapping ide konten
- 3rd Step: Content Production – Proses pembuatan konten
- Tipe-Tipe Konten: Text-Based, Image-Based & Video-Based Konten
- Proses Pembuatan Konten Sebagai Social Media Specialist: Ideation, Approval Hingga Publishing
- Practical Session: Membuat Konten Untuk Social Media Brand
- Perkenalan Social Media Advertising
- Tentang Instagram & Facebook Ads for Business
- Membuat Facebook Page for Business
- Integrasi Facebook Page, Whatsapp dan Instagram
- Setup Meta ads: Campaign Objective, Targeting, Ad Placement, Ad Creative, Publishing Ads
- Tools: Facebook Profile, Facebook Business Page, Meta Suite, Meta Ads Manager, Meta Ads Library
- Demo Session: Open Dashboard dan Walk-through setup iklan di Meta Ads Manager (Live Demo)
Â
- Fundamental Social Media Campaign
- Research & Ideation for Social Media Campaign
- Panduan Step-by-Step Membuat Social Media Campaign
- Studycase Social Media Campaign dari Brand
- Practical Session: Membuat Social Media Campaign Untuk Suatu Brand (Studycase)
- Penjelasan Mengenai Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Pengelolaan Social Media Untuk Suatu Brand
- Content Calendar
- Brief for Social Media Management
- Studycase Social Media Handling: Content Pillar, Audience, hingga Execution
- Practical Session: Simulation Handling Social Media dengan Membuat Persiapan dan Konten Untuk Suatu Brand
- Fundamental of Social Media Riset & Analysis
- Kenapa Perlu Melakukan Social Media Riset & Analysis
- Perbedaan Riset & Analysis
- Proses Melakukan Social Media Research
- Proses Melakukan Social Media Analysis
- StudyCase: Social Media Research & Analysis
- Practical Session: Membuat Social Media & Content Research & Analysis for Brand
- Fundamental Social Media Reporting
- Peran & Pentingnya Melakukan Reporting Dalam Social Media
- Apa Poin Yang Harus Disampaikan Dalam Reporting
- Pengumpulan Data Dalam Proses Reporting
- Pembuatan Reporting Untuk Social Media
- Proses Evaluasi dan Development Setelah Pengumpulan Data
- Practical Session: Membuat Social Media Report Untuk Suatu Brand Berdasarkan Data Yang Ada
- Pengenalan Social Media Portfolio
- Peran Portfolio Dalam Karir
- Sturktur Portfolio Yang Tepat
- Pengisian Portfolio Yang Tepat Dan Menunjukan Kapabilitas Pelamar
- Contoh Portfolio Social Media dari Alumni Yang Telah Diterima Kerja/Project Freelance
- Apa itu Freelancing
- Karakteristik & Gambaran Bekerja Sebagai Freelancer
- Platform Tempat Mencari Freelance
- Step-by-Step Dealing & Negosiasi Bersama Client
- Dokumen Dalam Proses Freelancing: MoU, SoW, others
- FAQ Yang Ditanyakan Client Ketika Meeting
- Tips Menghindari Scam & Penipuan
- Sharing Pengalaman Freelance dari Mentor (Most-Exciting)
Total Durasi: 1 Bulan (Professional Bootcamp)
- Final Exam Handling Social Media Management UMKM (4 Minggu), peserta langsung mengelola dan menghandle social media UMKM baik organik ataupun paid channel. Akan ada weekly mentoring bersama mentor untuk bimbingan final exam.