fbpx

Professional Social Media Specialist Bootcamp

442 Enrolled

About Course

INTRODUCTION

Langkah Awal Untuk Menjadi Seorang Social Media Specialist Dalam Waktu 12 Minggu

Social Media Specialist adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan mengoptimalkan kehadiran sebuah brand atau perusahaan di platform media sosial. Berfokus pada pembuatan konten yang menarik, interaksi dengan audiens, dan membangun komunitas online yang aktif dan loyal terhadap brand.

Social Media Specialist menjadi penting bagi perusahaan atau bisnis karena mereka berperan sebagai jembatan antara brand dan audiens melalui social media, memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dan meraih calon konsumen untuk produk/jasa yang ditawarkan. Ini menjadikan profesi ataupun skill social media menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.

Social Media Specialist adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan mengoptimalkan kehadiran sebuah brand atau perusahaan di platform media sosial. Berfokus pada pembuatan konten yang menarik, interaksi dengan audiens, dan membangun komunitas online yang aktif dan loyal terhadap brand.

Social Media Specialist menjadi penting bagi perusahaan atau bisnis karena mereka berperan sebagai jembatan antara brand dan audiens melalui social media, memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dan meraih calon konsumen untuk produk/jasa yang ditawarkan. Ini menjadikan profesi ataupun skill social media menjadi prospek yang menarik karena akan terus dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang.

POTENSI KARIR

Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil, Sustainable dan Pasti Dibutuhkan Perusahaan

Prospek Karir Yang Luas Dengan Jenjang Karir Yang Stabil

POSITION

Social Media Sp.

TYPE OF JOB

Fulltime

RANGE SALARY

3 - 8jt/bln

POSITION

Social Media Sp.

TYPE OF JOB

Fulltime

RANGE SALARY

2,5 - 7jt/bln

POSITION

Social Media Sp.

TYPE OF JOB

Freelance

RANGE SALARY

US$ 3-15/Jam

POSITION

Social Media Sp.

TYPE OF JOB

Freelance

RANGE SALARY

Start from 300rb

TENTANG PROGRAM

Dengan Metode Pembelajaran Practice-Based Learning Untuk Memastikan Pemahaman Peserta

Pembelajaran Intensif Selama 3 Bulan

Peserta akan melewati proses pembelajaran Intensif selama 12 Minggu dengan metode Hybrid Learning (Kombinasi Live Class & Video Learning) dengan total 40+ sesi pembelajaran bersama dengan mentor & praktisi berpengalaman.

Practice-Based Learning dengan Praktik & Demo

Proses pembelajaran akan berfokus terhadap latihan, demo tools, hingga praktik terhadap materi yang dijalankan. Latihan dan praktik akan didapatkan dari studycase, assignment dan final project.

Memperdalam Kompetensi & Membentuk Portfolio Kerja

Pendalaman kompetensi & portfolio dari studi kasus, tugas praktik dan final project yang akan dilaksanakan selama bootcamp berlangsung. Portfolio dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Fasilitas dan Materi Pembelajaran Terupdate

Tempat Belajar menyediakan materi pembelajaran terupdate dengan berbagai fasilitas belajar seperti tim dedikasi untuk bantuan peserta, LMS belajar hingga fasilitas rekaman & materi kelas.

Bisa Konsultasi Diluar Kelas Bersama Tutor Fasilitator

Peserta bisa konsultasi diluar kelas dengan tutor dan fasilitator yang akan membimbing peserta jika ada pertanyaan seputar program ataupun materi terkait, jadi kamu ga perlu khawatir jika ada pertanyaan.

Final Exam: Handle Social Media UMKM (Real Project)

Peserta akan secara langsung mempraktikan social media dengan langsung menghandle social media dan content UMKM/Bisnis selama 4 minggu (1 bulan)

Mendapat Certificate & Raport Bootcamp

Setelah selesai menjalani program, peserta akan mendapatkan sertifikat & raport dari proses pembelajaran di bootcamp, termasuk nilai & hasil post-test, assginment, tugas dan final exam. 

Ada Komunitas Khusus Alumni Bootcamp Social Media Sp.

Bergabung dengan komunitas alumni dari Tempat Belajar untuk networking & sharing dengan alumni yang sudah bekerja diberbagai perusahaan, termasuk akses kesempatan dan opportunity pekerjaan.

TENTANG PROGRAM

Menggunakan Metode Belajar Practice-Based Learning

Dapat Diikuti oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang. Peserta akan dibimbing dari 0 hingga ahli

Pembelajaran intensif Selama 12 minggu langsung dengan mentor praktisi social media

Banyak praktik dan demo selama kelas hingga Final Project Handle Social Media Bisnis UMKM

Jika ada pertanyaan, bisa konsultasi diluar kelas secara privat bersama tutor fasilitator

Pembentukan portfolio selama pelatihan yang dapat digunakan untuk melamar kerja

Mendapatkan sertifikat & raport bootcamp sebagai tanda kelulusan dari bootcamp

Fasilitas Pembelajaran lengkap dari tim pendamping hingga akses rekaman materi secara lifetime

Ada komunitas khusus alumni untuk networking, sharing dan berbagai info & opportunity

KURIKULUM

Materi Bootcamp Social Media Paling Update dan Terlengkap Sesuai Kebutuhan Perusahaan Saat Ini

  • Fundamental dan Pengertian dari Social Media
  • Peran Social Media Untuk Bisnis/Perusahaan
  • Istilah-istilah (Terms) dalam social media yang sering digunakan beserta pengertiannya
  • Perkenalan Social Media Specialist
  • Gambaran Jobdesc Sebagai Social Media Specialist
  • Social Media Platform: Instagram, Tiktok, Linkedin, X (Former Twitter), others
  • Rekomendasi Social Media Optimization per platform
  • Rekomendasi Content Optimization per platform
  • Practical Session: Memilih dan Menentukan Social Media Channel & Content yang Tepat Untuk Suatu Brand (Studycase)
  • Memahami Objective Dari Penggunaan Social Media: Awareness, Interest, hingga Conversion
  • Pengertian dari Masing-Masing Objective
  • Pemahaman Target Audiens & Persona
  • Gambaran Implementasi Social Media Berdasarkan Objective Brand
  • Penentuan Content Pillar, Content Topics, dan Tipe Konten Berdasarkan Objective
  • Practical Session: Membuat Action Plan Social Media Berdasarkan Objective Brand
  • Fundamental Social Media Strategy
  • Peran & Pentingnya Membuat Social Media Strategy Untuk Brand
  • Social Media Funnel dalam Strategy
  • Step Membuat Social Media Strategy: dari Competitor Research & Analysis hingga Execution Plan
  • Practical Session: Membuat Analisa Competitor Untuk Suatu Brand dan Implementasi Strategy
  • Fundamental of Video Editing di Social Media
  • Install Aplikasi: Capcut
  • Pengenalan Fitur Yang Ada Dalam Aplikasi Capcut
  • Pengenalan Menu Bar Utama Dalam Aplikasi Capcut
  • Pengenalan Tools Editing dalam Aplikasi Capcut
  • Demo Session: Mentor Editing Melalui Capcut (Sharescreen)
  • Practical Session: Membuat Video-Based Content dari Capcut (Studycase 1: Basic Level)
  • Practical Session: Membuat Video-Based Content dari Capcut (Studycase 2: Advanced Level)
  • Pengenalan Design for Social Media dengan Canva
  • Pengenalan Fitur Yang Ada Dalam Canva
  • Pengenalan Menu Bar Dalam Proses Editing Canva
  • Pengenalan Tools Pembantu Untuk Kegiatan Editing
  • Aspek Desain Dalam Canva Yang Dapat Membuat Dalam Proses Pembuatan Post Social Media
  • Advanced Level: Layouting & Design Recommendation dalam Canva
  • Demo Session: Membuat Design Canva Secara Langsung Bersama Mentor Dengan Brief Yang Telah Disediakan
  • Fundamental of Copywriting
  • Copywriting Formula: 4C, AIDA, PAS, others)
  • Copywriting Workflow
  • Copywriting  Usage: Social Media, Content & Email
  • Storytelling using Copywriting
  • Practical Session: Membuat Copywriting Content Untuk Suatu Brand (Studycase)
  • Fundamental Artificial Intelligence (AI) for Social Media
  • Peranan dan Fungsi AI dalam Social Media
  • Panduan Prompt AI & Pengunaannya untuk Social Media
  • Tools AI: ChatGPT & Gemini
  • Practical Session: Menggunakan AI Tools Untuk Kegiatan Social Media Seperti Membuat Ide Konten Bulanan, Copywriting, Others.
  • Fundamental Proses Pembuatan Konten
  • 1st Step: Content Research – Competitor Research, Social Listening, others.
  • 2nd Step: Content Ideation – Brainstorming & Mindmapping ide konten
  • 3rd Step: Content Production – Proses pembuatan konten
  • Tipe-Tipe Konten: Text-Based, Image-Based & Video-Based Konten
  • Proses Pembuatan Konten Sebagai Social Media Specialist: Ideation, Approval Hingga Publishing
  • Practical Session: Membuat Konten Untuk Social Media Brand
  • Perkenalan Social Media Advertising
  • Tentang Instagram & Facebook Ads for Business
  • Membuat Facebook Page for Business
  • Integrasi Facebook Page, Whatsapp dan Instagram
  • Setup Meta ads: Campaign Objective, Targeting, Ad Placement, Ad Creative, Publishing Ads
  • Tools: Facebook Profile, Facebook Business Page, Meta Suite, Meta Ads Manager, Meta Ads Library
  • Demo Session: Open Dashboard dan Walk-through setup iklan di Meta Ads Manager (Live Demo)

 

  • Fundamental Social Media Campaign
  • Research & Ideation for Social Media Campaign
  • Panduan Step-by-Step Membuat Social Media Campaign
  • Studycase Social Media Campaign dari Brand
  • Practical Session: Membuat Social Media Campaign Untuk Suatu Brand (Studycase)
  • Penjelasan Mengenai Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Pengelolaan Social Media Untuk Suatu Brand
  • Content Calendar
  • Brief for Social Media Management
  • Studycase Social Media Handling: Content Pillar, Audience, hingga Execution
  • Practical Session: Simulation Handling Social Media dengan Membuat Persiapan dan Konten Untuk Suatu Brand
  • Fundamental of Social Media Riset & Analysis
  • Kenapa Perlu Melakukan Social Media Riset & Analysis
  • Perbedaan Riset & Analysis
  • Proses Melakukan Social Media Research
  • Proses Melakukan Social Media Analysis
  • StudyCase: Social Media Research & Analysis
  • Practical Session: Membuat Social Media & Content Research & Analysis for Brand
  • Fundamental Social Media Reporting
  • Peran & Pentingnya Melakukan Reporting Dalam Social Media
  • Apa Poin Yang Harus Disampaikan Dalam Reporting
  • Pengumpulan Data Dalam Proses Reporting
  • Pembuatan Reporting Untuk Social Media
  • Proses Evaluasi dan Development Setelah Pengumpulan Data
  • Practical Session: Membuat Social Media Report Untuk Suatu Brand Berdasarkan Data Yang Ada
  • Pengenalan Social Media Portfolio
  • Peran Portfolio Dalam Karir
  • Sturktur Portfolio Yang Tepat
  • Pengisian Portfolio Yang Tepat Dan Menunjukan Kapabilitas Pelamar
  • Contoh Portfolio Social Media dari Alumni Yang Telah Diterima Kerja/Project Freelance
  • Apa itu Freelancing
  • Karakteristik & Gambaran Bekerja Sebagai Freelancer
  • Platform Tempat Mencari Freelance
  • Step-by-Step Dealing & Negosiasi Bersama Client
  • Dokumen Dalam Proses Freelancing: MoU, SoW, others
  • FAQ Yang Ditanyakan Client Ketika Meeting
  • Tips Menghindari Scam & Penipuan
  • Sharing Pengalaman Freelance dari Mentor (Most-Exciting)

Total Durasi: 1 Bulan (Professional Bootcamp)

  • Final Exam Handling Social Media UMKM (4 Minggu), peserta langsung mengelola dan menghandle social media UMKM baik organik ataupun paid channel. Akan ada weekly mentoring bersama mentor untuk bimbingan final exam.

Klik Untuk Melihat Kurikulum & Informasi Lengkap Bootcamp

Klik Untuk Melihat Kurikulum & Informasi Lengkap Bootcamp

TOOLS & APPS

Tools & Aplikasi Yang Akan Digunakan dan Dipelajari Selama Program Bootcamp Berlangsung

Tools & Aplikasi Yang Akan Digunakan dan Dipelajari

MENTOR EXPERT

Langsung Belajar dan Dibimbing Oleh Mentor Praktisi Berpengalaman dalam Dunia Social media

Belajar dan Dibimbing Oleh Mentor Praktisi dan Berpengalaman

BOOTCAMP JOURNEY

Proses & Tahapan Pembelajaran Dalam Program Bootcamp​

Periode Belajar Intensif (2 Bulan)

Belajar intensif selama 2 bulan dengan belajar & praktik mengenai materi terupdate dalam dunia social media specialist bersama mentor berpengalaman.

Final Project Social Media (1 Bulan)

Final Exam Strategy Handling Social Media UMKM selama1 Bulan dengan berkolaborasi dengan mitra UMKM dengan budget yang telah disediakan Tempat Belajar. Akan ada weekly mentoring untuk bimbingan oleh mentor seputar final exam

Bootcamp Graduation [Finish]

SELAMAT! Kamu telah menyelesaikan program bootcamp dan akan diberikan sertifikat & raport hasil pembelajaran selama 3 bulan. Dapat dicantumkan di linkedin atau digunakan untuk melamar kerja.

OUR ALUMNI

Lihat Alumni Kami Yang Telah Sukses Mengakselerasi Karir Jadi Social Media Specialist Professional

1,325+ Alumni Telah Sukses Mengakselerasi Karir Bersama Kami

SUCCESS STORY

Simak Cerita Para Alumni Bootcamp Social Media TempatBelajar.id yang Telah Sukses Mengkaselerasi Karir

Simak Cerita Sukses Alumni Bootcamp Social Media Specialist Tempat Belajar

Arbah Alifani

Latar belakang s.pd, switch career dan bekerja sebagai social media specialist

Prameswari Noor J.

dapet promosi full-time job social media specialist setelah lulus bootcamp

Intan Sri Rahayu

Belum lulus kuliah, tapi udah dapet kerja full-time social media specialist

Amaliyah Izzul

Dari Lulusan Biologi, Pindah Jalur dan sekarang bekerja sebagai social media specialist

Nuresa Ibnu S.

Berhasil Jadi Jr. Social Media Specialist (Full-Time) Setelah Lulus Bootcamp di 2024

Szarien Veka

IRT yang berhasil mendapat pekerjaan remote sebagai sosmed specialist

Aldiandra Aprilia

Career Break & Menjadi IRT, Sekarang Berhasil Jadi Social Media Specialist

Ghita Setiarsa

From Waitress dan Cashier, to Social Media Specialist. Kisah Career Switch dari Ghita

Fadhilah Faalah

Resign Setelah 7 tahun Kerja, sekarang fokus jadi sosmed specialist secara remote

Yoan Septiana

Ini dia dokter yang banting setir jadi social media specialist di perusahaan singapore (remote)

Nuresa Ibnu

Disalurkan Magang oleh tempat Belajar, berakhir di promote jadi Fulltime sosmed specialist

Shela Suwardi

from indonesia to australia, berhasil kerja remote fulltime sebagai content assistant

PORTFOLIO

Lihat Hasil Final Project Peserta Social Media Bootcamp Yang Berkolaborasi Bersama Mitra Perusahaan/Bisnis

Lihat Hasil Final Project Peserta Social Media Bootcamp Yang Berkolaborasi Bersama Partner

Lihat Hasil Final Project Peserta Yang Berkolaborasi Bersama Mitra Perusahaan/Bisnis

TESTIMONI ALUMNI

Apa Kata Lulusan Tempat Belajar

DETAIL PROGRAM

Lihat Detail & Jadwal Program Bootcamp

Bootcamp Batch #23

*Jadwal Bootcamp Terdekat Tahun 2025

Bootcamp Duration

12 Minggu

Waktu Belajar

Senin - Jumat (Weekdays)

Metode Belajar

Zoom Class (Live Session) & Video Material (Self-Learning)

Jadwal Kelas

Zoom Class

• Senin & Kamis

• 19.30 - 21.30 WIB

Self-Learning (Video Course)

• Selasa, Rabu & Jumat

• Waktu Fleksible

Waktu Belajar

Zoom Selama Bulan Puasa

• 20.00 - 22.00 WIB

Setelah Idulfitri (Normal)

• 19.30 - 21.30 WIB

Self-Learning (Video Course)

• Waktu Fleksible

Akses Materi

Ada Rekaman Kelas + PDF Materi (Lifetime Access)

Grup Kelas

Whatsapp Group

Kuota Peserta

±55 Peserta/Batch

Kelas Mulai

1 September 2025

Next Batch: Desember 2025

To Be Confirm

Coming Soon

TUITION FEE

Biaya Program Social Media Specialist Bootcamp

Biaya Pelatihan Program Social Media Specialist Bootcamp

EarlyBird Seat

Rp10.000.000

75% Off

Rp2.499.900

Terbatas! Untuk (7) Pendaftar Tercepat

Terbatas! Berlaku Hingga 15 Mei 2025

Ada opsi pembayaran dengan skema cicilan mulai dari Rp600.000/bln dengan bunga 0%, Hubungi admisi untuk informasi lebih lanjut: Klik Disini (Admin)

Ada opsi pembayaran dengan skema cicilan mulai dari Rp600.000/bln dengan bunga 0%, Hubungi Tim Admisi: Klik Disini (Whatsapp)

2nd Wave Seat

Rp10.000.000

60% Off

Rp3.999.900

Terbatas! Berlaku setelah promo EarlyBird Seat Soldout untuk (5) pendaftar selanjutnya

2ND WAVE SEAT

Bootcamp Tuition

Rp3.999.900

Berlaku setelah promo EarlyBird Seat Habis.

Pemberitahuan: Kuota pendaftar hampir habis, proses registrasi akan segera ditutup dalam waktu dekat!

Pemberitahuan: Kuota pendaftar hampir habis, proses registrasi akan segera ditutup dalam waktu dekat!

Course Content